Dry Lips Treatment – Vaseline Lip Therapy

blog-vaseline-lip-therapy-rosy-lips-2Hi you there! Gue muncul lagi nih pengen nulis, tapi kali ini tentang pengalaman gue dalam menghadapi kondisi atau lebih tepatnya sih tipe bibir gue yang kering dan kadang kalo kebangetan sampe pecah-pecah gitu. Nah jeleknya gue, nih jari-jemari tangan gue ga bisa anteng. Kalo bibir gue lagi kering banget biasanya suka gue kelupasin gitu. Akhirnya ya bisa kebayang dong kayak apa jadinya. Kebiasaan ini udah gue lakuin dari kecil *bukan bangga loh ini, sampe ibu gue marah-marah ga henti-henti, dan gue? cuma nyengir. Kakak gue kadang merhatiin kebiasaan gue itu sambil tanya *udah capek kasih tau juga, “Heh, koe ki senengane neteli bibir rasane opo to? Enak po?” gitu pertanyaannya dalam bahasa Jawa yang kurang lebih kalo di terjemahin seperti ini, ‘ Hei, kamu kok seneng banget kelupasin bibir emang rasanya apa sih? Enak kah?’ gitu. Dasar gue cuek ya gue jawab aja “Woh, enak beuuuddd”. Dan kakak gue cuma geleng-geleng 😛

Sebenernya bukannya gue ga pernah berusaha. Gue pernah coba beberapa cara dan produk untuk mengatasi bibir kering gue ini. Nih beberapa produk yang pernah gue coba beserta sedikit penjelasan berdasarkan pengalaman dan kebiasaan gue. Jadi belum tentu tiap orang sama pengalamannya saat pake produk yang gue tulis di bawah. Apa aja itu? Cekidot 😉

Madu

Pemakaian madu ini yang saranin adalah ibu gue waktu gue masih SMA. Nah sebenernya kalo gue pikir-pikir mungkin kalo telaten pakenya diulang-ulang gitu efeknya bagus kali ya. Tapi sayangnya gue risih sama pemakaian madu ini. Madu kan manis, nah sayangnya selalu gue jilatin yang udah dioles ke bibir. Alhasil, yang membasahi bibir gue adalah ludah gue sendiri, jadi deh tambah kering. Akhirnya setelah coba pake 3 hari dan gue gak kuat, gue nyerah. So, gagal deh usaha gue pake madu ini.

Sebenernya sih hampir bebarengan sama usaha pake madu, sempet gue coba pake mentega 😀 karena gue pikir itu kan oily ya jadi logikanya bikin bibir gue ga kering. Nah tapi, pake mentega itu sama ujung-ujungnya sama pake madu. Parahnya kalo pake mentega, kelihatan minyak banget, ga bagus pas dipake *ya iyalah 😛 ditambah ada sensasi ‘ngendal’ yang ga nyaman gitu di mulut. So, usaha pake mentega ini pun gagal juga ya bro 😀

La Tulip Lip Balm

Nah gimana gue bisa kenal sama kosmetik satu ini, awalnya gue pergi ke toko kosmetik buat beli bedak gue yang abis. Karena penasaran, gue nanya ke mba yang ngelayanin gue tentang kondisi bibir gue yang saat itu kering parah. Ternyata salah satu penjaga stand La Tulip merhatiin dan akhirnya nawarin gue produk lip balm yang emang ada buat kondisi bibir gue. Setelah dijelasin singkat, gue diajarin cara pakenya. Karena kosmetik ibu gue ada yang pake La Tulip dan obat jerawat kakak gue La Tulip juga, akhirnya coba deh gue beli itu lip balm. Malemnya langsung gue eksekusi.

Pemakaian lip balm ini adalah sebelum tidur *buat ngilangin kulit bibir yang kering. Biasanya sebelum tidur gue bersihin muka dulu baru gue aplikasiin lip balm itu rada tebel ke bibir gue. Ga terlalu berat sih teksturnya menurut gue. Lebih ringan dibanding produk yang gue pake ke depan. Besok paginya bangun tidur, pas bersihin muka sebelum mandi, bibir yang semaleman dioles sama lip balm itu gue sapu pake kapas dengan sedikit tekanan. Don’t you know what did happened? Kulit bibir kering gue ada di itu kapas dan pas gue sentuh bibir gue alus banget. Puas sama hasilnya dan gue beli lagi pas lip balm itu abis.

Negatifnya kalo di gue, kalo ga pake misal 3 hari aja, bibir keringnya balik lagi. So, karena takut tergantung, gue berhenti pakenya kecuali pas urgent baru gue pake. Gitu bro 🙂

Tender Care Oriflame

Pas jaman kulaih dulu, temen gue ada yang member dari Oriflame. Kalo lagi kumpul-kumpul satu angkatan gitu biasanya dia ngeluarin katalog buat promosi. Karena gue ga terlalu tertarik sama kosmetik-kosmetikan kecuali bedak sama masker yang biasa gue pake, apalagi kalo harga selangit, buat mahasiswa kayak gue, BIG NO! hahaha :D. Eh tapi temen gue kali ini nawarin promo yang pengen dia beli sendiri. Tender care itulah yang saat itu promo, kalo ga salah promonya waktu itu beli 2 gratis 1 atau beli 1 gratis 1. Nah buat menghemat biaya, dia ngajakin gue, jadi bayarnya patungan gitu :D. Karena penasaran apa itu tender care gue baca-baca dulu dong. Ternyata bisa buat bagian-bagian tubuh yang kering ga hanya bibir, bisa buat siku, buat kutikula kuku, buat kaki, muka, dan sebagainya dan sebagainya. Akhirnya untuk pertama kalinya gue mau nyoba *karena mumpung promo dan gue ga harus bayar utuh :P.

Pas barangnya dateng, gue langsung cobain. Kali ini gue rada rajin ngolesinnya. Tender care ini bukan kayak lip balm yang gue coba sebelumnya. Ga terlalu cepet sih efeknya, tapi kalo pas bibir kering gue ga terlalu parah, ya lembab-lembab aja walopun gue ga pake. Nah, akhirnya karena udah ga terlalu kering gue ga rajin lagi pakenya. Lama dong ga aku sentuh itu tender care *beberapa bulan sih. Pas aku coba mau pake lagi, kok aku ngerasa baunya berubah ya. Rada ‘tengik’ atau apek gitu. Lama kelamaan jadi ragu sebenernya ini dibuat promo waktu itu karena apa ya? Apakah mendekati kadaluarsa atau bagaimana, secara di kardusnya gue ga liat exp date nya. Jujur gue waktu itu ga ngerti sih umur kosmetik. Gue tinggalin deh itu tender care. Eh tapi akhirnya gue balik lagi pake tender care. Kenapa?

Pas gue udah kerja, kakak ipar gue ternyata jadi member oriflame dan dia nawarin tendercare juga waktu itu tapi sensai aromanya blackcurrant, ga kayak waktu itu. Buat penglaris cobalah gue pesen satu tender care ya. Pas barangnya dateng, wanginya enak. Gue pakelah itu tender care buat gue pake sebagai layer sebelum lipstick. Lama banget abisnya. Dan untuk jangka waktu yang lama waginya ga berubah. Bertahan gue pake ini sampe abis 🙂

Minyak Zaitun Murni (Al Amir)

Pas kerja di Telkomsel dulu, tiap dua minggu sekali di hari jumat ada pengajian cewek-cewek di kantor. Ustadzahnya manggil dari luar, dan beliau bernama Ustadzah Kufah. Selain nyampein materi pengajian, biasanya beliau juga nawarin produk-produk yang beliau pakai (misal sabun cuci muka dari madu, minyak zaitun, hingga masalah kewanitaan). Dari produk-produk tersebut yang bikin gue penasaran adalah minyak zaitun. Bukan karena gue ga tau apa itu minyak zaitun. Tapi gue ga pernah cari tau manfaat dari minyak zaitun.

Beliau selalu memaparkan manfaat apa yang beliau rasakan dan bagaimana beliau mengonsumsi minyak zaitun. Nah kalo berkaitan dengan kesehatan, gue inget ibu gue yang punya kolesterol. Tambahan info nih, untuk penderita kolesterol, minyak zaitun tidak meninggikan kolesterol pada penderita, sebaliknya, jika dikonsumsi secara benar maka justru menurunkan kolesterol penderita. Sebelum tidur dan setelah bangun tidur, minumlah 2 sendok makan minyak zaitun murni. Saat bangun tidur, dikonsumsi sebelum mengonsumsi makanan yang lain. Selama kurang lebih satu minggu, bisa dicek untuk kadar kolesterolnya. Tentunya tetap dengan menjaga makanan yang masuk ya 🙂

Balik lagi ke permasalahan bibir kering, gue beli roll on kecil terus gue isi minyak zaitun dan sisanya gue minta ibu buat beliau konsumsi. Sedangkan minyak zaitun yang gue tuang ke roll on, gue bawa kemana-mana buat oles ke bibir gue kalo kering.

Larissa Treatment Oil

Pas di Semarang, gue biasa rajin facial ke Larissa Aesthetic Center. Suatu saat gue iseng tanya, ada ga sih produk atau perawatan buat bibir kering kaia gue. Ternyata ga ada produk maupun treatment yang khususon buat bibir (apapun masalah bibir). Tapi gue dikasi saran buat self trearment pake Treatment Oil yang notabene itu minyak zaitun juga. Yah, karena gue biasa facial di situ dan gue cocok, gue coba beli deh. Ya hasilnya sama aja kaia gue pake minyak zaitun sebelumnya. Bedanya yang ini wangi :D. Dan bisa buat treatment kulit kering juga. Biasanya gue pake di muka kalo pas musim kembang mangga dimana kuliat gue kering abis kalo musim ini. Kadang juga gue pake buat urut sendiri bagian-bagaian badan gue yang pegel.

Vaseline Lip Therapy Rosy Lips

Akhir-akhir ini sampe gue nulis ini artikel, gue ngalamin kekeringan hebat melanda bibir gue. Dan kebiasaan lama muncul lagi saking keringnya. Gue kopekin T_T. Tambah parah deh karena sampe luka, luka kering gue kopek lagi, luka lagi, begitu seterusnya. Sempet ga sengaja liat temen nge-share Vaseline Lip Therapy ini. Gue penasaran dong, mengetahui banyak banget orang cocok pake vaseline. Bahkan gue baru tau kalo vaseline punya product buat bibir juga *ketinggalan banget gue masalah ginian :D.

Awalnya takut sih mau nyoba karena iklan aja gue belum pernah liat. Berkunjunglah gue ke website vaseline yang Indonesia. Di sana gue kagak nemuin Vaseline Lip Therapy ini. Tapi di sana ada Vaseline Petroleum Jelly yang gue rasa ga jauh beda manfaatnya tapi bisa digunain di beberapa bagian tubuh juga. Reviewnya sih bagus. Maish ragu, gue coba berkunjung ke website vaseline US. Ternyata di sana ADA!  Vaseline Lip Therapy dengan 4 macam varian, yakni original, cocoa butter, aloe, dan rosy. Akan tetapi, kemasannya beda, sangat beda. Belum puas gue coba kunjungi website resmi vaseline di India, kagak ada lip therapy, yang ada Vaseline Skin Jelly yang kemasannya sama seperti Vaseline Petroleum Jelly. Hmm, bingung. Sedangkan kalo nyari di toko-toko online harganya beda-beda, ada dari 50ribu nyampe 20ribu ada! Palsu kagak ya. Gue lanjutin ke-kepo-an gue 😛

Gue cari review tentang Vaseline Lip Therapy sama Vaseline Petroleum Jelly. Bermacam kesan dan penilaian dari para pengguna dan kebanyakan beli dari online seperti bukal**a* dan sejenisnya seperti yang gue cari sebelumnya. Akhirnya gue nemu review dari salah satu blog (gue lupa save blog address-nya jadi ga bisa gue lampirin). Di sana, dia pengguna Vaseline Petroleum Jelly yang udah lama dan cocok banget sama itu product. Kemudian dia cerita kalo dulu selalu beli di apotek C**tu*y atau di toko-toko kecantikan resmi seperti Gu**d*a* dan B**ysh*p dimana sekarang mereka udah kagak jual lagi itu product dikarenakan belum terdaftar dalam BPOM jadi ditarik dari edaran.

Salah satublog-vaseline-lip-therapy-rosy-lips yang gue tangkep, belum terdaftarnya di BPOM adalah karena kandungan petroleum *tau kan apa itu petroleum? Minyak mentah. Dimana entah gimana ceritanya gue kagak ngarti, dianggap ga begitu aman. Tapi product tersebut beredar luas di negara lain dan banyak yang puas juga. Dengan kata lain product tersebut kemungkinan dianggap aman oleh BPOM setempat. Susah dong kalo mau cari di Indonesia *kecuali online. Nah berkaitan sama pembelian online ini, gue ga langsung mutusin buat setuju beli online aja. Tapi gue nunggu sampe gue nemuin toko online kosmetik yang yaaahhh bisa dibilang terpercaya. Hingga pada akhirnya gue nemuin Beauty Haulindo. Mungkin dari elo-elo yang baca udah pada ga asing ya sama Beauty Haulindo. Toko online ini menyediakan berbagai merk highend yang hehe harganya…. *you know what I mean :P. Dan gue nemuin Vaseline Petroleum Jelly serta Vaseline Lip Therapy di sana. Setelah lama menimbang dan baca berbagai review tentang toko online ini, akhirnya gue putusin buat coba beli di toko online ini untuk product Vaseline Lip Therapy Rosy Lips seharga 55.000 IDR.

Pas barang dateng, gue langsung coba. Wadahnya kecil (ga kaget sih karena rerata emang produk buat bibir ga gede). Tekstur kerasa rada tebel di bibir. Pertama gue pake 2 hari lalu dimana bibir gue abis luka karena gue kopekin :P. Kagak lama kemudiain, luka bekas gue kopek ngelunak. Dasar tangan gue ga bisa diem, gue coba kopek bekas lukanya yang udah lunak itu dan kagak sakit. Abis itu gue rajinin pake sampe sekarang. And Voila! Luka bibir gue sembuh dalam 3 hari. Kalo keringnya, udah ilang. Pas ga gue pake, dia ga sekering sebelum-sebelumnya. Kalo gue sih, puas sama produk satu ini. Walopun wadahnya kecil tapi yakin deh lama ini abisnya. Kenapa? Kan pemakaian di bibir doang. Hohow 😛

 

————–

Itu dia bro usaha dan produk-produk yang pernah gue coba buat permasalahan bibir kering gue dengan sedikit cerita di dalemnya tentunya :D. Oh iya pas ketak-ketik gue baru inget pas SMA dulu gue pernah nyobain pake Lip Ice dan ga ada perubahan apa-apa, tetep kering. Maklum anak SMA, kepo-kepo dikit 😛

Okay! Itu cerita dan pengalamanku tentang keluhan bibir keringku. Bagaimana ceritamu? *Aku Kamu Cieehhhh 😀 😛

Leave a comment