Antara Headset, Headphone, Earphone, Handsfree – Bedanya Apa?

Sering mendengarkan musik dari smartphone menggunakan perangkat yang disematkan di lubang telinga? Kebanyakan orang sekarang menyebut perangkat tersebut dengan istilah headset. Tak jarang saya sendiri kadang salah menyebutkan nama perangkat tersebut karena saking terbiasanya menggunakan istilah yang kurang tepat tersebut. Sebenarnya apa sih headset itu? Bentuknya yang bagaimana? Terus ada juga istilah earphone dan headphone? Apa lagi itu? Bedanya apa sih? Bentuknya yang bagaimana? Nah, menurut saya secara pribadi, kita perlu mengenal dan mengerti perbedaan antara perangkat tersebut. Ya, ketiga perangkat tersebut memang perangkat audio dimana telinga kitalah yang menggunakannya. Ok, sekarang perbedaannya apa? Yuk lanjut baca ke bawah ^^

1. Headset

Headset merupakan perangkat audio yang memiliki perangkat input (microphone) untuk berkomunikasi dan perangkat output (speaker) untuk mendengarkan. Atau lebih gampangnya gabungan dari headphone dan microphone. Bentuk dari headset ini biasanya dengan gagang melingkar di atas kepala dan bagian speaker berbentuk besar hampir atau bahkan menutupi telinga sepenuhnya dan dilengkapi dengan microphone yang dapat ditarik hingga ke depan mulut untuk memudahkan pengguna berkomunikasi. Jika pembaca pernah melihat foto dari operator-operator layanan pelanggan seperti di brosur-brosur (biasanya), seperti itulah perangkat headset.
Perangkat headset biasanya lebih sering dipasangkan pada PC daripada perangkat mobile atau smartphone. Perangkat ini biasa digunakan untuk video chat semisal Skype, video conference, dan lain sebagainya. Koneksi headset biasanya memiliki dua buah colokan (jack) yang dihubungkan ke PC. Colokan pertama sebagai input (microphone) dan colokan kedua sebagai output (speaker). Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, koneksi headset mulai beragam, diantaranya dapat dikoneksikan melalui bluetooth.
2. Headphone

Dari segi bentuk, headphone tidak jauh berbeda dengan earphone. Hanya saja, headphone hanya memiliki satu perangkat, yakni output (speaker). Dengan begitu, fungsi headphone dapat dikatakan hanya sebatas mendengarkan. Ketiadaan perangkat input inilah yang benar-benar membedakan headphone dengan headset. Dahulu, headphone biasa digunakan untuk mendengarkan musik melalui perangkat PC. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman dan mode, tak jarang orang menggunakan headphone ini pada perangkat smartphone, tablet, bahkan MP3/MP4 player. Beberapa jenis headphone juga sudah tidak menggunakan kabel lagi melainkan menggunakan bluetooth atau wireless. Namun saran saya, jika ingin menggunakan headphone pada perangkat smartphone dan sejenisnya dan digunakan untuk jalan-jalan, gunakan yang nirkabel ya, supaya terlihat modis dan ga ribet, hahaha.
3. Earphone

Ditilik dari segi fungsi, perangkat earphone memiliki fungsi yang sama dengan perangkat headphone yakni digunakan untuk mendengarkan. Hal yang membedakan antara kedua perangkat ini adalah ukuran. Earphone memiliki ukurang yang jauh lebih kecil dan ringkas bila dibandingkan dengan headphone. Penggunaan earphone ini cukup disangkutkan pada lubang telang bagian luar dan dikaitkan pada lekukan daun telinga bagian atas. Namun, beberapa dokter THT menyarankan agar penggunaan earphone ini tidak terlalu sering dan dengan frekuensi yang sewajarnya karena dapat mengganggu melemahkan ketajaman pendengaran secara normal.

Earbud, mungkin istilah ini juga sering kita dengar. Earbud ini sama seperti earphone, hanya saja bentuknya yang menonjol sehingga dapat dimasukkan ke dalam lubang telinga.
4. Handsfree

Bentuk dari perangkat handsfree tidak jauh berbeda dengan earphone. Hanya saja, handsfree ini memiliki beberapa fungsi kontrol audio seperti play, pause, next, prev, dan stop. Fungsi kontrol ini dapat digunakan untuk menerima telepon, memutar musik, dan lain sebagainya dimana pengguna tidak perlu menyentuh handset (perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, music player, dan sebagainya) untuk mengoperasikan audionya (handless). Handsfree lebih cocok digunakan oleh para pengemudi karena memudahkan mereka untuk menerima panggilan telepon tanpa memegang ponsel terus menerus selama komunikasi masih berlangsung.

Tambahan:
Backphone, merupakan perangkat yang tidak jauh berbeda dengan headset maupun headphone. Yang membedakan perangkat ini dengan headset maupun headphone adalah gagang yang melingkar itu tidak dibagian atas kepala, melainkan di bagian belakang kepala (sesuai dengan namanya ‘back’) dan bentuk yang didesain khusus sehingga dapat dijepit dibagian atas telinga agar tidak mudah lepas. Perangkat backphone bermacam-macam pula jenisnya. Ada jenis backphone yang memiliki perangkat input (microphone) dan output (speaker). Ada pula backphone yang hanya memiliki perangkat output.

Sekian posting kali ini mengenai perbedaan antara beberapa jenis perangkat audio portable. Semoga dapat membantu mencerahkan pemahaman kita mengenai perangkat tersebut yang selama ini sedikit melenceng. Bukan hal serius memang, tapi tidak ada salahnya apabila kita mengerti benar perbedaan perangkat-perangkat yang selama ini kita pakai atau ada di sekitar kita.

NB: Posting ini saya tulis dikarenakan pengalaman pribadi yang cukup kocak mengenai pemahaman perangkat ini diantara tim dalam pekerjaan 😀 Apabila terdapat hal yang mungkin kurang benar, dapat kita diskusikan dalam kolom komentar ya teman.

Referensi Tulisan:
https://dayensobarna.wordpress.com/2016/04/15/perbedaan-headset-handset-handsfree-headphone-earphone-earbud-dan-backphone/

Referensi Gambar:
www.google.com

Leave a comment